Urutan Akhir Zaman Yang Tersembunyi Di Hadapan Kita – Steve Cioccolanti

Berikut adalah ringkasan dari Video di atas:

Banyak pengajar nubuatan yang mengupas akhir zaman dengan berpusat kepada hal-hal kecil secara rinci (mikro), sehingga petunjuk-petunjuk hal besar(makro) terlewatkan begitu saja.

Di sini kita akan melihat apa yang sudah disembunyikan Tuhan mengenai akhir zaman melalui Kitab Perjanjian Lama.

Dari 11 kitab pertama dalam Perjanjian lama, Pst. Steve Cioccolanti menjelaskan bagaimana korelasinya dengan urutan peristiwa akhir zaman:

1. Kitab Kejadian-Ulangan

Lima kitab pertama yang ditulis oleh Musa ini disebut sebagai hukum Tuhan (Law/Hukum-Taurat) dan berlangsung 2000 tahun (bukan 4000 tahun, diralat oleh Pst. Steve Cioccolanti sendiri). Pst. Steve menjelaskan ini adalah bukti bahwa manusia tida bisa selamat hanya dengan mengikuti hukum Tuhan ini, karena sadar atau tidak sadar  manusia kesulitan untuk bisa mengikuti SEMUA hukum/perintah TUHAN ini. Salah satunya, Tuhan Yesus berkata ” Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya. “ (Matius 5:28) kita lihat di sini betapa ketat hukum Tuhan itu. Belum lagi seperti yang tertulis dalam kitab Matius 5: 22.

Banyak orang tidak mengerti  bahwa Law atau hukum Tuhan ini adalah sebuah cermin untuk menunjukkan hal-hal yang perlu dibenahi dalam diri kita dan ‘cermin’ tidak bisa membenahi diri kita.

Yakobus 1:23 Sebab jika seorang hanya mendengar firman saja dan tidak melakukannya, ia adalah seumpama seorang yang sedang mengamat-amati mukanya yang sebenarnya di depan cermin.

Seperti bangsa Israel, mereka juga membutuhkan sesuatu yang lain, mereka membutuhkan Yosua…

2. Kitab Yosua

Hukum Tuhan sama sekali tidak membantu umat Israel untuk masuk ke tanah perjanjian, tetapi Yosua-lah yang membawa Israel ke tanah perjanjian.

Yosua / Joshua(bhs. Inggris) / Yehoshua atau Jehoshuah(Bhs. Ibrani) artinya peyelamat, yang memiliki kesamaan dengan nama Yesus/Jesus/Yeshua/Yahushua.

Bisa kita samakan dengan kedatangan Yesus yang pertama yang tepatnya tercatat pada tanggal 11 September 3B.C(SM).

Sekali lagi, siapakah yang membawa Israel ke tanah perjanjian? Yosua
lalu, siapakah yang dapat menembus hukum dan membawa umat Tuhan kepada tempat tujuan yang sudah ditentukan Tuhan? Yesus.

Bisakah saudara melihat petunjuk makro disini?

3. Kitab Hakim-Hakim

Tercatat bahwa ini adalah masa-masa yang suram dalam perjanjian lama. Bangsa Israel tidak memiliki raja pada masa itu. Bangsa Israel bertindak sesuka hati dan melakukan kemurtadan. Nah ini sama hal-nya dengan peristiwa setelah masa Kristus Yesus di bumi. Bangsa Israel menolak Mesias, Yesus Kristus, dan ini berlangsung selama 2000 tahun terkahir ini.

4. Kitab Ruth

‘Kisah cinta’ satu ini bukanlah kisah seorang perempuan Yahudi melainkan non-yahudi. Dan kisah ini melambangkan seorang mempelai wanita non-Yahudi (mempelai kristus). Ini juga melambangkan apa yang sudah terjadi 2000 tahun terakhir ini, yaitu kaum non-Yahudi menerima Mesias (masa gereja).

5. Kitab 1 Samuel

Setelah masa hakim-hakim, Israel meminta seorang raja seperti bangsa-bangsa lain. Tanpa memikirkan konsekuensi apapun, melalui nabi Samuel terpilihlah Saul sebagai raja pertama Israel.

Saul bisa diibaratkan sebagai ‘False King’ (raja palsu) – pilihan Israel – yang juga sama korelasinya dengan munculya sang mesias palsu/anti-mesias/anti-kris nanti.

Pst. Steve Cioccolanti memberikan rentan waktu antara 3-22 tahun.

6. Kitab 2 Samuel

Setelah Saul meninggal, Daud yang merupakan pilihan Tuhan, naik menjadi raja. Ini seperti melambangkan kedatangan Yesus yang kedua kalinya.

Kita lihat di sini: tercatat dalam kitab Samuel ke-2, Daud Raja ke-2, dan Yesus adalah urutan ke-2 dari ke-tritunggalan Elohim (Bapa, Anak, Roh Kudus).

Pst. Steve Cioccolanti memberikan rentan waktu antara 2017-2032 tahun. (Di sini tidak ada penetapan tanggal/date setting – Pst. Steve hanya memberikan kemungkinannya saja berdasarkan beberapa macam penghitungan. Namun, tentu saja seorangpun tidak ada yang tahu kapan tepatnya Tuhan Yesus datang kembali)

7. 1 Raja-raja

Dikarenakan terlalu banyak darah di tangan Daud, maka dalam kitab ini menceritakan Salomo yang adalah anak raja Daud yang menggantikannya untuk membangun bait Suci ke-2. Di sini melambangkan kemuliaan, Penyembahan kepada Tuhan, kekayaan dan kedamaian – yang juga melambangkan 1000 tahun damai (Wahyu 20).

Kesimpulan:

1. Kitab Kejadian-Ulangan = Hukum taurat (Hukum Tuhan)

2. Kitab Yosua = Pemimpin Israel ke-2= nama yang sama dengan Yesus = Kedatangan pertama Yesus = Penyelamat

3. Kitab Hakim-Hakim = Israel Murtad = Israel Menolak Mesias

4. Kitab Ruth = mempelai wanita Non-Yahudi = Mempelai kristus = Non-yahudi menerima Mesias = Masa Gereja

5. Kitab 1 Samuel = Raja Saul (False king) = Munculnya mesias palsu = anti-kris

6. Kitab 2 Samuel = Raja Daud (Raja pilihan Tuhan)= Raja ke-2 = Kedatangan Yesus ke-2 kali

7. 1 Raja-raja =  Masa Raja Salomo = Kejayaan,kemuliaan dan kekayaan = melambangkan 1000 tahun damai (Wahyu 20)

Related posts