PERJAMUAN PASKAH BELUM GENAP DAN MASIH MENUNGGU UNTUK DIGENAPI!

Penting untuk dicatat, ada empat cawan yang ada dalam perjamuan Paskah.

 

Cawan-cawan itu adalah;

 

1) Cawan Penyucian

 

2) Cawan Penghakiman

 

3) Cawan Penebusan

 

4) Cawan Pujian

 

Keempat cawan mewakili empat ekspresi pembebasan yang dijanjikan oleh Tuhan (Keluaran 6: 6-:

 

1) “Aku akan membawa keluar,”

 

2) “Aku akan membebaskan,”

 

3) “Aku akan menebus,”

 

4) “Aku akan mengambil.”

 

http://en.wikipedia.org/wiki/Passover_Seder

 

Ada cawan kelima, yang tidak ikut serta dalam keempat cawan, yang disebut cawan Elia, cawan ini merupakan Nabi Elia, yang diperkirakan akan datang pada suatu masa Paskah.

 

Setiap tahun, ditetapkan pada perjamuan Paskah untuk Elia yang sesuai dengan Kitab Maleakhi, akan datang SEBELUM hari Tuhan yang besar dan mengerikan:

 

Sesungguhnya Aku akan mengutus nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari TUHAN yang besar dan dahsyat itu.” Maleakhi 4:5

 

Menyadari pentingnya cawan ini, menunjukkan apa yang terjadi selama perjamuan Paskah yang dikenal sebagai “Perjamuan Tuhan” dan apa arti profetisnya.

 

Lukas 22:17 Kemudian Ia mengambil sebuah cawan, mengucap syukur, lalu berkata: “Ambillah ini dan bagikanlah di antara kamu. Sebab Aku berkata kepada kamu: mulai dari sekarang ini Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur sampai Kerajaan Allah telah datang.”

 

Lukas 22: 29 Dan Aku menentukan hak-hak Kerajaan bagi kamu, sama seperti Bapa-Ku menentukannya bagi-Ku, bahwa kamu akan makan dan minum semeja dengan Aku di dalam Kerajaan-Ku dan kamu akan duduk di atas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel.
Penyelesaian perjamuan Paskah tampaknya adalah Pengangkatan, di mana Yeshua akan minum dan makan di meja-Nya lagi, dengan mempelai-Nya yang telah Dia ambil!

 

Cawan terakhir yang Yesus tawarkan adalah cawan Penebusan. Ada cawan Elia dan cawan Pujian, keduanya masih menunggu untuk ditawarkan/diberikan, untuk menggenapi Paskah.

 

Elia, sebagai salah satu dari 2 orang saksi, datang dan kemudian Pengangkatan!

 

Yesus mengacu pada “cawan penebusan”, yang mewakili pengorbanan darah, ketika Ia berkata:

 

“Ya Bapa-Ku, jikalau Engkau mau, ambillah cawan ini dari pada-Ku; tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi.”

 

Cawan penebusan ini adalah cawan ketiga dan terakhir sebelum Ia menjadi korban Anak Domba bagi kita! Dua cawan terakhir masih tertunda dan ketika mereka ditawarkan / digenapi, Paskah akhirnya akan benar-benar selesai!

 

Perhatikan bahwa “Cawan Pujian” tertunda, yang mungkin menunjukkan Pengangkatan, juga dianggap janji Tuhan itu, “Aku akan mengambil!”

 

Cawan terakhir, cawan pujian tanpaknya mewakili cawan “Kiddush”(sanctification/pengudusan) dalam pernikahan Yahudi:

 

Cawan anggur yang dibagikan adalah simcha(gladness/joy/sukacita), di sebuah pernikahan Yahudi. Ketika mempelai wanita meminum cawan setelah mempelai pria, itu adalah tanda bahwa dia menerima perjanjian yang mempelai pria telah tandatangani selama penandatanganan Ketubah(perjanjian pada tradisi pernikahan Yahudi).

 

Oleh karena itu, sepertinya “cawan pujian” akan menjadi cawan Kiddush di mana Yesus berkata “mulai dari sekarang ini Aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur sampai Kerajaan Allah telah datang“(Lukas 22:17), pada perjamuan kawin Anak Domba!

 

Suatu SUKACITA yang luar biasa ketika kita diangkat(Raptured) dan minum dari cawan terakhir, “pokok anggur”, dan akhirnya benar-benar memateraikan Perjanjian (Covenant) penebusan kita!

Diterjemahkan dari: http://theworldisshaking.blogspot.co.id/2012/04/passover-meal-was-not-completed-and-is.html?m=1

Related posts